RPP ATLETIK LARI UNTUK ANAK TUNAGRAHITA



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Satuan Pendidikan               : SLB UMMI
Kelas/Semester                     : C. VI
Mata Pelajaran                     : Pendidikan Jasmani Adaptif
Tema                                      : Teknik dasar lari jarak pendek
Pertemuan                             : I
Waktu                                    : 1 x 25 menit ( 1 x pertemuan )

A.    Kompetensi Inti :
  1. Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
  2. Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong) santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
  3. Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi,  seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
  4. Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.

B.     Kompetensi Dasar :            
1.1 Menghayati dan mengamalkan nilai-nilai agama yang dianut dalam melakukan aktivitas jasmani, permainan, dan olahraga, dicerminkan dengan:
a. Pembiasaan perilaku berdoa sebelum dan sesudah pelajaran
b. Selalu berusaha secara maksimal dan tawakal dengan hasil akhir.
c. Membiasakan berperilaku baik dalam berolahraga dan latihan.
2.1. Berperilaku sportif dalam bermain.
2.2. Bertanggung jawab dalam penggunaan sarana dan prasarana pembelajaran serta menjaga keselamatan diri sendiri, orang lain, dan lingkungan sekitar.
2.3. Menghargai perbedaan karakteristik individual, Menunjukkan kemauan kerjasama, Toleransi dan mau berbagi dengan teman dalam melakukan berbagai aktivitas fisik.
2.4. Disiplin selama melakukan berbagai aktivitas fisik.
2.5. Menerima kekalahan dan kemenangan dalam permainan.
C.    Indikator Pencapaian Kompetensi :
  1. Melakukan doa sebelum memulai pembelajaran.
  2. Menunjukkan sikap sportif dalam bermain.
  3. Menunjukkan sikap disiplin selama mengikuti pembelajaran
  4. Menirukan teknik start jongkok
  5. Menirukan teknik dasar lari jarak pendek
  6. Menirukan teknik saat masuk garis finish
  7. Melakukan teknik start jongkok
  8. Melakukan teknik dasar lari jarak pendek
  9. Melakukan teknik saat masuk garis finish
D.    Tujuan Pembelajaran :
Setelah mengikuti pembelajaran ini, diharapkan peserta didik dapat:
            1. Membiasakan berdoa menurut agama dan kepercayaan masing-masing.
2          2. Menunjukkan sikap sportif dalam bermain.
            3. Menunjukkan sikap disiplin selama mengikuti pembelajaran.
  1. Melalui peragaan siswa dapat menirukan teknik start jongkok dengan benar
  2. Melalui peragaan siswa dapat menirukan teknik dasar lari jarak pendek dengan benar
  3. Melalui peragaan siswa dapat menirukan teknik saat masuk garis finish dengan benar
  4. Melalui peragaan siswa dapat melakukan teknik start jongkok dengan benar
  5. Melalui peragaan siswa dapat melakukan teknik dasar lari jarak pendek dengan benar
  6. Melalui peragaan siswa dapat melakukan teknik saat masuk garis finish dengan benar

E.     Media Pembelajaran :
1.      Peluit
2.      Tali pembatas

F.     Materi Pembelajaran :
        Lari  cepat/ lari jarak pendek yaitu lari yg diperlombakan dengan cara berlari secepat-cepatnya, yang dilaksanakan didalam lintasan lari menempuh jarak 100 m, 200 m, dan 400 m.
1.   Teknik start pendek cara melakukannya adalah :

a.    sikap jongkok rileks
b.   lutut kaki kanan menempel tanah
c.    kaki kiri terletak diantara kaki kanan dan lutut kanan
d.   kedua tangan menempel di atas garis start dengan membentuk huruf “V”
e.    pandangan lurus kedepan, dan konsentrasi pada aba-aba start berikutnya
f.    Start jongkok pada aba-aba start

2.   Aba-aba bersedia

a.       Salah satu lutut diletakkan ditanah dengan jarak + satu jengkal dari garis start, kaki satunya diletakkantepat disamping lututyang menempel ditanah + satu kepal
b.      Badan membungkuk kedepan,kedua tangan diletakkan ditanah dibelakang garis start, keempat jari rapat, ibu jari terbuka (membentuk huruf “V”)
c.       Kepala ditundukkan, leher rileks, pandangan kebawah dan kosentrasi aba-aba berikutnya.
d.      (peserta didik disuruh mengamati dan merasakan koordinasi gerak)

3.   Aba-aba siap, (jika ada aba-aba “siap”) maka :

a.       lutut yang menempel ditanah diangkat, panggul diangkat setinggi bahu dan berat badan dibawa kemuka kaki belakang membentuk sudut 1200, sedangkan kaki depan membentuk sudut 90
b.      Kepala tetap ditundukkan, leher rileks, pandangan kebawah dan kosentrasi aba-aba berikutnya.

4.   Aba-aba ya, (jika ada aba-aba “ya”) maka :

a.       menolak kedepan dengan kekuatan penuhatau gerakan meluncur tetapi tidak melompat.
b.      Badan tetap condong kedepan disertai dengan gerakan lengan yang diayunkan
c.       Dilanjutkan dengan gerakan langkah kaki pendek-pendek, tetapi cepat agar badan tidak jatuh kedepan.

5.    Teknik lari jarak pendek
a.       Prinsip lari cepat yaitu lari pada ujung kaki, tumpuan kuat agar mendapat dorongan yang kuat
b.      Sikap badan condong ke depan + 60 , sehingga titik berat badan selalu didepan
c.       Ayunan lengan kuat dan cepat, siku dilipat, kedua tangan menggenggam lemas, agar gerakan langkah kaki juga cepat dan kuat.
d.      Setelah + 20 m dari garis start, langkah diperlebar dansikap badan dicondongkan kedepan dipertahankan serta ayunan lengan dan gerakan langkah dipertahankan kecepatan serta kekuatan bahkan harus ditingkatkan.
6.      Teknik memasuki garis finish
a.       Berlari secepat mungkin, jika perlu ditingkatkan kecepatannya seakan-akan garis finish masih 10 m dibelakang garis sesungguhya
b.      Setelah sampai + satu meter didepan garis finish merebahkan badan kedepan tanpa mengurangi kecepatannya
c.       Sampai garis finish membusungkan dada, tangan ditarik kebelakangatau putar salah satu bahu kedepan

G.    Metode Pembelajaran.
1.      Pendekatan     : saintifik (scientific)
2.      Metode            :  penugasan,  resiprokal/timbal-balik

H.    Kegiatan Pembelajaran.
KEGIATAN
DISKRIPSI
WAKTU
Pendahuluan
  1. Berbaris, berdoa, presensi, dan apersepsi
  2. Memberikan motivasi dan menjelaskan tujuan pembelajaran
  3. Pemanasan sebelum materi pembelajaran
5 menit
Inti


  1. Mengamati guru melakukan teknik dasar lari jarak pendek menggunakan teknik start, teknik gerak lari, dan memasuki garis finish.
  2. Bertanya tentang teknik dasar lari jarak pendek menggunakan teknik start, teknik gerak lari, dan memasuki garis  finish.
  3. Diskusi tentang teknik dasar lari jarak pendek menggunakan teknik start, teknik gerak lari, dan memasuki garis finish.
  4. Menjawab pertanyaan dan mengerjakan soal tentang teknik dasar lari jarak pendek menggunakan teknik start, teknik gerak lari, dan memasuki garis finish

e.       Guru menfasilisai peserta didik untuk mendemonstrasikan (memberi contoh) teknik start lari jarak pendek (sprint).
f.       Peserta didik mengamati gerakan yang dilakukan demonstran
g.      Peserta didik diberi kesempatan untuk bertanya tentang gerakan yang di demonstrasikan oleh demonstran
h.      Peserta didik diberi kesempatan untuk mencoba gerakan teknik start sprint secara berulang-ulang.

  1. Guru menfasilisai peserta didik untuk mendemonstrasikan (memberi contoh) teknik lari jarak pendek (sprint).
  2. Peserta didik mengamati gerakan yang dilakukan demonstran
  3. Peserta didik diberi kesempatan untuk bertanya tentang gerakan yang di demonstrasikan oleh demonstran
  4. Peserta didik diberi kesempatan untuk mencoba gerakan teknik lari sprint secara berulang-ulang

  1. Guru menfasilisai peserta didik untuk mendemonstrasikan (memberi contoh) teknik memasuki garis finish dalam lari jarak pendek (sprint).
  2. Peserta didik mengamati gerakan yang dilakukan demonstran
  3. Peserta didik diberi kesempatan untuk bertanya tentang gerakan yang di demonstrasikan oleh demonstran
  4. Peserta didik diberi kesempatan untuk mencoba gerakan teknik memasuki garis finish dalam lari sprint secara berulang.

  1. Strategi pelaksanaan dengan menggunakan model resiprokal/timbal-balik
  2. Kelas dibagi menjadi 4 kelompok
  3. Siswa mengambil bahan ajar yang disiapkan oleh guru, yang berisi deskripsi tugas dan indikator tugas gerak kepada setiap kelompok.
  4. Siswa mempelajari tugas gerak dan indikator keberhasilannya
  5. Siswa membagi tugas, siapa yang pertama kali melakukan teknik dasar start, teknik lari, teknik memasuki garis finish dalam  lari jarak pendek, seterusnya dilakukan secara bergantian sampai semua anggota kelompok melakukan lari jarak pendek  dan yang lain menjadi pengamat dan melakukan koreksi.
  6. Siswa melaksanakan tugas gerak, dan menampilkan gerak sesuai dengan indikator yang telah ditentukan.
  7. Lomba lari dengan peraturan yang dimodifikasi
15 menit

Penutup
  1. Pendinginan,
  2. evaluasi proses pembelajaran, melakukan refleksi dengan tanya jawab kepada peserta didik
  3. Menarik kesimpulan dari hasil pembelajaran
  4. Berdoa dan bubar (kembali ke kelas)
5 Menit

I.       Sumber Belajar
a.       Ruang terbuka yang rindang, datar dan aman
b.      Peluit.
c.       Buku teks
d.      Buku referensi, Buku Pegangan guru Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan Kelas VI, Kemdikbud
e.       Buku referensi, Roji, Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan Kelas VI, Jakarta : Erlangga

J.      Penilaian
1.      Teknik penilaian:
–    Pengetahuan (kognitif):
Jawab secara lisan atau peragakan dengan baik, pertanyaan-pertanyaan mengenai konsep gerak dalam teknik dasar lari jarak pendek
Keterangan:
Berikan penilaian terhadap kualitas jawaban peserta ujian, dengan rentang nilai antara 1 sampai dengan 4
Keterangan :
1.      Nilai  4 jika jawaban sesuai
2.      Nilai  3 jika jawaban kurang sesuai
3.      Nilai  2 jika jawaban belum sesuai
4.      Nilai  1 jika jawaban tidak sesuai

Jumlah skor yang diperoleh
Nilai =  ————————————–
                                                                Jumlah skor maksimal

–   Tes Ketrampilan/unjuk kerja (psikomotor):
Lakukan teknik dasar lari jarak pendek 50 m
Keterangan:
Berikan penilaian terhadap kualitas unjuk kerja peserta ujian, dengan rentang nilai antara 1 sampai dengan 4
Keterangan :
1.      Nilai  4 jika unjuk kerja  sesuai
2.      Nilai  3 jika unjuk kerja  kurang sesuai
3.      Nilai  2 jika unjuk kerja  belum sesuai
4.      Nilai  1 jika unjuk kerja  tidak sesuai

Jumlah skor yang diperoleh
Nilai =  ————————————-
                Jumlah skor maksimal

–   Pengamatan sikap (afektif):
Lakukan teknik dasar lari jarak pendek dengan peraturan yang telah dimodifikasi dan nilai percaya diri serta kejujuran
Keterangan:
Berikan tanda cek ( √ ) pada kolom yang sudah disediakan, setiap peserta ujian menunjukkan atau menampilkan perilaku yang diharapkan.  dengan rentang nilai antara 1 sampai dengan 4
Keterangan :
1.   Nilai  4 jika sikap sangat baik (SB)
2.   Nilai  3 jika sikap baik (B)
3.   Nilai  2 jika sikap cukup (C)
4.   Nilai  1 jika sikap kurang (K)
                        Jumlah skor yang diperoleh
Nilai  =  —————————————–
                  Jumlah skor maksimal
                               
2.    Rubrik Penilaian
RUBRIK PENILAIAN
PENGETAHUAN LARI JARAK PENDEK
Pertanyaan yang diajukan
Kualitas Jawaban
1
2
3
4
Jelaskan
1.      Bagaimana posisi start jongkok?




2.      Bagaimana gerakan kaki dan pendaratan telapak kaki lari jarak pendek ?




3.      Bagaimana posisi gerakan lengan yang benar pada saat melakukan lari jarak pendek ?




4.      Bagaimana posisi badan yang benar pada saat melakukan lari jarak pendek ?




5.      Bagaimana posisi badan memasuki garis finish?




JUMLAH

JUMLAH SKOR MAKSIMAL: 20


RUBRIK PENILAIAN
KETRAMPILAN TEKNIK DASAR LARI JARAK PENDEK
Aspek Yang Dinilai
Kualitas Gerak
1
2
3
4
Lakukan!
1.      Gerakan posisi start jongkok




2.      Pendaratan telapak kaki menggunakan ujung telapak kaki




3.      Posisi badan condong ke depan saat lari




4.       Gerakan posisi badan saat masuk garis finish.




JUMLAH

JUMLAH SKOR MAKSIMAL: 16


RUBRIK PENILAIAN
PERILAKU DALAM LARI JARAK JAUH
PERILAKU YANG DIHARAPKAN
Kualitas Sikap
1.  Percaya diri
1
2
3
4
2.  Dapat bekerjasama




3.  Kejujuran (tidak bermain curang/mencuri srtart)




4.  Menunjukkan sikap bersungguh-sungguh dalam lomba




JUMLAH




JUMLAH SKOR MAKSIMAL: 16


Mengetahui,
Kepala SLB UMMI


…………………………………..
NIP.                                     .

Komentar