RPP TEMATIK K13 SDLB



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
TEMATIK TERPADU

Satuan Pendidikan           : SDLB
Kelas/Semester                : III / II
Tema                                : Tugasku sehari-hari
Sub tema                          : Tugasku sehari-hari dirumah
Pembelajaran Ke              : 1
Alokasi Waktu                 : 2 x 20
A.      Kompetensi Inti              :
1. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya..
2. Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru.
3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah.
4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak
B.       Muatan Pelajaran, Kompetensi dasar, Indikator
Matematika
Kompetensi Dasar
Indikator
1.1. Mengenal mata uang logan dan kertas dari Rp. 100,00 – Rp. 10.000,00.
1.2. Menunjukkan mata uang sampai dengan Rp. 10.000,00
Ø  Mengenal mata uang sampai dengan pecahan Rp.10.000,00
Ø  Menyebutkan mata uang sampai dengan pecahan Rp. 10.000,00
Ø  Menuliskan mata uang sampai dengan pecahan Rp. 10.000,00

Bahasa Indonesia
Kompetensi Dasar
Indikator
2.1. Mengenal teks cerita diri atau personal tentang keberadaan keluarga dengan bantuan guru atau  teman  dalam  bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman
3.2 Menyampaikan teks cerita diri atau personal tentang belanja bersama keluara di pasar

Ø  Menceritakan hasil gambar yang dibuatnya di depan kelas
Ø  Menyampaikan hasil pengamatan sesuai bentuk mata uang
SBDP
Kompetensi Dasar
Indikator
3.1. Mengenal cara dan hasil karya seni ekspresi
4.1. Menggambar sesuatu di dalam mata uang
Logam dan pecahan
Ø  Menentukan bentuk baru yang akan digambar
Ø  Menggambar bentuk mata uang logam dan kertas
C.      Tujuan Pembelajaran
   Dengan mengamati mata uang , siswa dapat
1.        Melalui peragaan,  siswa  dapat menunjukksn bentuk uang logam dan uang kertas dengan baik dan benar.
2.        Melalui penugasan, siswa dapat menuliskan mata uang tersebut dengan benar.
3.        Setelah menuliskan, siswa dapat menceritakan hasil tulisan tentang mata uang yang dibuat
dengan lancar.
Melalui penugasan, siswa dapat menggambar bentuk mata uang kertas dan logam
D.      Materi Pembelajaran
Mata uang logam dan kertas dari Rp.100,00 – Rp.10.000,00
Mata Uang Logam dari Rp. 100,00-Rp. 1000,00
 =

 =

 =

 =

 =

 =

Mata Uang Kertas dari Rp. 1.000,00- Rp. 10.000,00

 =
 =
 =
 =
 =

E.       Kegiatan Pembelajaran
Langkah Kegiatan
Deskripsi
Pendahuluan
a.       Menyampaikan salam dan menanyakan kondisi anak
b.      Berdoa dipimpin siswa
c.       Menyampaikan kompetensi yang akan dicapai pada hari ini
d.      Mengajak murid membentuk lingkaran dan menyebutkan nama murid di depannya.
Inti
a.       Guru menjelaskan kepada siswa bahwa mereka akan mempelajari mata uang logam dan kertas.
b.      Siswa diminta menunjukkan berbagai mata uang yang ada pada gambar di halaman buku siswa.
c.       Siswa diminta memberikan contoh mata uang logam dan kertas yang mereka tahu.
d.      Kemudian, siswa diminta membentuk kelompok.
e.       Masing-masing kelompok mengamati mata uang yang berbeda pecahannya .
f.       Setelah waktu pengamatan selesai, masing-masing kelompok me nyampaikan hasil pengamatannya di depan kelas.
g.      Setelah semua kelompok menyampaikan laporan, guru melakukan konfirmasi dan penguatan konsep yang baru saja dipelajari.
h.      Siswa juga diminta menyampaikan kesan-kesan mereka dalam mengikuti kegiatan.
i.        Guru mengingatkan siswa tentang mata uang logam dan kertas yang telah dipelajari.
j.        Siswa diminta menuliskan mata uang logam dan pecahan yang sesuai dengan gambar di papan tulis.
k.      Setelah selesai, siswa menceritakan tulisannya kepada kelompok lain.
l.        Setiap kelompok diberi kesempatan untuk menyampaikan hasil karyanya dengan menceritakan bagaimana mereka menentukan tulisan tentang mata uang logam dan kertas yang dipelajari.
m.    Kelompok lain diberi kesempatan untuk memberikan pendapat terhadap hasil kerja temannya.
n.      Kelompok yang diberi apresiasi mengucapkan terima kasih.
o.      Kegiatan ditutup dengan diskusi mengenai tujuan dan manfaat bekerja sama serta saling menghargai karya teman.
Penutupan
p.      Menyimpulkan pembelajaran pada hari bersangkutan
q.      Menyampaikan pesan moral
r.        Menyampaikan Kemajuan yang diperoleh anak selama kegiatan
s.       Berdoa

F.       Penilaian
1. Sikap
Nama
Patuh
Percaya diri













2. Pengetahuan
Tes Tertulis : Lembar kerja

3. Ketrampilan
a.        Penilaian : Unjuk Kerja
Rubrik menuliskan mata uang logam dan kertas
Nama
Kriteria Penilaian
Baik Sekali
Baik
Cukup
Kurang




















b.        Penilaian: Observasi (Pengamatan)
Lembar Pengamatan berbagai bentuk mata uang logam dan kertas
No
Kriteria
 Terlihat ()
Belum Terlihat ()
1
Siswa mampu mengikuti instruksi guru.


2
Siswa terlibat aktif dalam kegiatan.


3
Siswa dapat menyampaikan hasil pengamatan bentuk mata uang logam dan kertas


4
Siswa mengungkapkan perasaan dan pendapatnya.



G.      Media / alat / sumber belajar
1. Buku Guru
2. Buku siswa
3. Mata uang logam dan kertas Rp. 100,00 – Rp. 10.000,00










Mengetahui
Kepala Sekolah,






Guru Kelas VI



M. RIDOAN LUBIS
NIM 14003036
Padang,    Maret  2017

Komentar